Review Meet Me After School (2018), Hubungan Terlarang Antara Guru dan Murid

Meet Me After School (2018) merupakan serial drama Jepang yang bisa kamu saksikan di platform streaming Netflix, serial ini pertama kali ditayangkan pada kanal Tokyo Broadcasting System (TBS) pada tahun 2018. Penulis tertarik menonton serial ini ketika mengetahui bahwa pemeran utama wanita adalah Kasumi Arimura yang memerankan tokoh bernama Hijiri Suenaga, penulis pertama kali menyaksikan akting Arimura pada film Netflix berjudul Call Me Chiciro (2023).

Meet Me After School (2018) diangkat dari sebuah manga terbitan tahun 2013 yang berjudul Chūgakusei Nikki (on-going), manga ini mengisahkan hubungan percintaan antara seorang guru wanita sekolah menengah pertama bernama Hijiri Suenaga dengan murid laki-lakinya yang bernama Akira Kuroiwa (Kenshi Okada). Hijiri dan Akira saling tertarik satu sama lain walaupun kondisi masing-masing tidak ideal, saat mereka bertamu Hijiri masih bertunangan dengan Shotaro Kawai (Keita Machida) sedangkan Akira merupakan muridnya yang masih dibawah umur. Sebagai seseorang yang dewasa, kondisi inilah yang membuat Hijiri menjadi bimbang, apakah “membuka hati sepenuhnya” untuk Akira atau meminta Akira untuk berhenti menggangunya.

Salah satu titik puncak dari konflik serial ini adalah ketika ibu Akira yaitu Aiko Kuroiwa (Yui Natsukawa), Shotaro serta guru-guru di sekolah mengetahui hubungan mereka berdua, untuk mencegah hal-hal yang lebih buruk terjadi, Aiko memutuskan untuk memindahkan Akira ke sekolah lain, Hijiripun akhirnya “dipecat” dari sekolah dan memilih untuk mengakhiri pertunangannya dengan Shotaro walaupun pada awalnya Shotaro “mengabaikan” dan memanfaatkan kenyataan bahwa Hijiri tertarik dengan Akira.

Meet Me After School (2018), Membawa Isu Kontroversial ke Layar Kaca

OST dari serial Meet Me After School (2018)

Penulis cukup kaget dengan keputusan dari TBS untuk menyiarkan adaptasi dari manga Chūgakusei Nikki karena membawa isu hubungan antara orang dewasa dengan anak-anak dibawah umur, jika film ini dibawa ke Lembaga Sensor Film Republik Indonesia penulis tidak yakin film ini akan lulus sensor.

Meet Me After School (2018) terdiri dari 11 episode dengan latar waktu yang berbeda-beda, lima episode awal kita akan dibawa menyelami apa yang terjadi pada saat Hijiri dan Akira masih beraktivitas di sekolah menengah pertama, kita juga akan diperlihatkan kisah mengenai Shotaro dengan boss wanitanya yang bernama Ritsu Haraguchi (Yo Yoshida). Pada lima episode selanjutnya kita akan dibawa kepada cerita ketika Akira yang sudah berumur 18 tahun bertemu kembali dengan Hijiri, dan bagaimana Ibunya berusaha untuk mencegah mereka berdua untuk berhubungan kembali, kita juga akan diperlihatkan kisah menarik antara Shotaro denga Yoshida dimana hubungan mereka tumbuh berkembang menjadi hubungan sepasang kekasih. Serial ini akhirnya ditutup dengan satu episode terakhir yang berakhir dengan happy ending untuk Akira dan Hijiri

Side plot menarik lainnya adalah bagaimana Akira akhirnya bertemu dengan ayahnya yang menghilang saat ia berumur lima tahun, ia juga mendapatkan informasi lebih lengkap mengapa kedua orang tuannya berpisah dan mengapai ibunya mencegah Akira untuk mencari tahu lebih jauh mengenai keberadaan ayahnya.

In My Humble Opinion

Meet Me After School (2018) membawa sebuah isu yang sangat kontroversial yaitu hubungan romantisme antara orang dewasa dan anak-anak dibawah umur atau sebuah upaya child grooming dimana orang dewasa memanipulasi dengan anak dibawah umur untuk keuntungan dirinya (Hijiri).

Menurut penulis, serial ini kurang berhasil mengambarkan “alasan yang lebih logis” bagaimana seorang wanita berumur 25 tahun yang sudah bertunangan dengan pria yang berpenghasilan tetap lebih memilih memindahkan “perasaannya” kepada seorang pemuda berusia 14 tahun walaupun ada satu adegan dimana Hijiri menceritakan alsannya tetapi hal tersebut sangatlah “dangkal dan tidak masuk akal”. Hijiri melakukan kontak fisik dengan Akira yang masih dibawah umur, walaupun hal tersebut dilakukan dengan dasar suka sama suka tetapi tidak ada intervensi dari pihak kepolisian.

“Kenekatan” Akira untuk terus mengejar Hijiri juga patut dipertanyakan, apakah mungkin hal ini karena “rasa balas dendam” karena dirinya tidak mendapatkan kesempatan untuk mengenal ayahnya karena selalu dicegah oleh ibunya sehingga ia “berulah” di tempat lain?

Singkat kata
Meet Me After School (2018) merupakan serial drama kontroversial mengenai dua orang individu berbeda umur sangat jauh. Hubungan mereka banyak tidak disetujui termasuk oleh orang tua masing-masing, pada akhirnya waktu juga yang menyatukan mereka berdua”

Leave a comment