Review Call Me Chihiro (2023), Mantan Pelacur yang Mencari Makna Kehidupan

Call Me Chihiro (2023) merupakan sebuah film drama Jepang yang bisa kalian nikmati di Netflix, bercerita mengenai seorang mantan pelancur bernama Chihiro (Kasumi Arimura) yang bekerja sebagai pelayan toko bento di sebuah kota pinggir pantai di Jepang, Chihiro merupakan pribadi yang ramah, ia selalu tersenyum ketika melayani pelanggan, dan tidak pernah terlihat bersedih. Film ini bercerita mengenai bagaimana keseharian kehidupan Chihiro, dengan siapa ia berinteraksi setiap harinya dan percakapan apa saja yang ia lakukan.

Beberapa orang yang ia temui seperti Okaji (Hana Toyoshima), seorang siswi SMA yang terasing dari pergaluan di sekolah, ia juga memiliki “rasa takut” yang besar dengan ayahnya sehingga dirinya selalu berkata “iya” kepada setiap ide dan perintah dari ayahnya, Chihiro juga bertemu dengan seorang anak lelaki bernama Makoto (Tetta Shimada), seorang anak SD yang kesepian karena ibunya sibuk bekerja dan tidak mempunyai waktu untuk mengurus dirinya

Chihiro juga bertemu dengan orang-orang dari masa lalu yaitu Utsumi (Lily Franky) mantan boss-nya dan Bajiru mantan rekan kerjanya ketika ia masih menjadi pelacur. Pertemuan-pertemuan ini membuka cerita mengenai masa lalu Chihiro saat dirinya menjadi pelacur dan sebelum ia menjadi pelacur.

Call Me Chihiro (2023), Cerita tentang Kesendirian

Melawan kesendirian menjadi tema dari film Call Me Chihiro (2023), kita perlu mengetahui bahwa loneliness merupakan salah satu “penyakit” yang menghantui masyarakat Jepang, begitu banyak individu di Jepang yang meninggal dunia sendirian atau lebih dikenal dengan istilah kodokushi, rendahnya angka kelahiran di Jepang juga menunjukan bahwa lebih banyak orang yang memilih untuk tidak memiliki pasangan atau menikah tanpa mempunyai anak, hal ini berdampak sangat besar pada menurunnya populasi Jepang secara keseluruhan.

Kisah Chihiro tidak berbeda dengan orang-orang Jepang kebanyakan, ia tumbuh besar dalam kesendirian, hubungannya dengan ibu dan saudara laki-lakinya juga renggang. Salah satu alasan dirinya bekerja sebagai pelacur agar dirinya tidak sendirian, ia selalu berbincang-bincang dengan para kliennya untuk mengusir rasa kesendirian. Pertemuan tokoh-tokoh lain dengan Chihiro selalu menjadi titik balik bagi mereka, Chihiro mampu memberikan mereka jawaban untuk kesendiriannya, mempertemukan mereka dengan orang lain sehingga mereka kembali memiliki makna dan tujuan hidup.

Jika kita gali lebih dalam, film Call Me Chihiro (2023) kental dengan unsur “keluarga”, kita akan diperlihatkan slice of live dari kisah yang terjadi dalam keluarga setiap tokoh. Kita akan ditunjukan bahwa tidak ada hubungan keluarga yang sempurna, selalu ada kekurangan tetapi setiap keluarga punya caranya masing-masing untuk mengatasi kekurangan tersebut sehingga hubungan antara individu dalam keluarga tersebut bisa tetap terjaga dengan baik.

Salah satu kutipan menarik yang penulis sadur dari serial Call Me Chihiro (2023) adalah sebagai berikut:

Sesungguhnya manusia yang hidup di bumi merupakan kumpulan alien yang datang dari planet lain, kalian hanya perlu menemukan seseorang yang berasal dari planet yang sama dan menjadikannya teman dekat

Call Me Chihiro (2023)

Tidak mudah memang untuk lepas dari rasa kesendirian, semua harus dimulai dari keinginan untuk “membuka diri” kemudian dilanjutkan dengan mencari orang yang tepat untuk “membuka diri” tetapi mencari orang yang tepat merupakan misi yang sulit, tidak semua orang beruntung untuk bisa menemukannya. Chihiro meyakini bahwa pasti ada orang-orang yang berasal dari “planet” yang sama dengan dirimu, kamu hanya perlu mencarinya!

Singkat kata
“Call Me Chihiro (2023) bercerita mengenai upaya Chihiro untuk mengusir rasa kesendirian yang bersarang dirinya maupun orang-orang disekitarnya. Film ini menjadi sebuah refleksi menarik mengenai rasa kesendirian dan bagaimana kita bisa bereaksi kepada rasa tersebut”

Penulis memberikan nilai 3,5/5,0 untuk Call Me Chihiro (2023).
Selamat menonton!!!

One thought on “Review Call Me Chihiro (2023), Mantan Pelacur yang Mencari Makna Kehidupan

Leave a comment