13 Reasons Why

“Jika kau berpikir bahwa bunuh diri akan menyelesaikan masalah,
kau salah besar!, bunuh diri akan mendatangkan banyak masalah baru.
Bunuh diri merupakan cara mudah untuk melarikan diri!”

Kehidupan remaja memang penuh dengan tantangan, saat remaja menjadi sebuah masa dimana seorang individu melakukan pencarian jati diri, jati diri inilah yang akan sangat berpengaruh kepada masa dewasa setiap orang.

Masa-masa sekolah menengah bisa menjadi pengalaman yang sangat berat bagi seseorang, terutama jika kau termasuk individu yang tidak populer, kau termasuk orang yang menjadi korban bullying, kau pasti akan merasa sendirian, tidak memilikik pasangan atau sahabat yang mendukungmu, sehingga kau merasa bahwa dunia seolah tidak adil kepada dirimu.

Banyak orang yang bisa bertahan dan berjuang melewati masa-masa tidak menyenangkan seperti itu, tetapi ada pula menyerah. Pilihan mereka adalah dengan pindah dari sekolahnya atau mengakhiri hidup sebagai jalan pintas.

01.
Hannah Baker, siswi Liberty High School yang mengakhiri hidupnya dengan bunuh diri

Itulah yang dilakukan oleh Hannah Baker (Katherine Langford), ia memilih mengakhiri hidupnya karena tekanan dan perlakuan yang ia dapatkan dari teman-teman dan lingkungannya saat bersekolah Liberty High School.

Kematiaan Hannah Baker menguncang semua orang, salah satu siswa yang paling terguncang adalah Clay Jensen (Dylan Minnette), Clay merupakan rekan kerja paruh waktu Hannah, Clay juga menyukai Hannah. Betapa terkejutnya Clay, ketika ia menerima paket dari Hannah berisi rekaman suaranya yang menjelaskan mengapa ia bunuh diri.

Iapun mulai mendengarkan rekaman suara tersebut, dimana setiap rekaman suara tersebut ditunjukan untuk nama-nama tertentu, dari rekaman tersebut, Clay mulai memahami mengapa Hannah membunuh dirinya sendiri, dan Clay secara perlahan-lahan berusaha mengonfrontasi dengan nama-nama yang di sebut Hannah.

02.
Clay Jensen (Dylan Minnette) memeriksa rekaman yang ditinggalkan oleh Hannah

Kasus bunuh diri Hannah semakin rumit, ketika orang tua Hannah mengajukan gugatan resmi ke sekolah Hannah untuk meminta pertanggungjawaban sekolah karena gagal dalam mengindentifikasi bahwa Hannah mempunyai keinginan untuk bunuh diri.

Bunuh diri bukanlah pilihan yang harus diambil seseorang dalam menghadapi masalah, apapun itu. Kebangkrutan, hutang, pelecahan seksual, perkosaan, komentar rasis bukanlah akhir dari dunia. Meskipun berat, kau pasti mampu untuk melewatinya.

13 Reason Why merupakan film yang diangkat dari novel terbitan 2007 dengan judul yang sama karya Jay Asher. Film ini mengambarkan secara jelas, bagaimana runtuhnya reputasi seseorang bisa membuatnya memutuskan untuk bunuh diri.

Perkembangan teknologi dan sosial media memiliki peran yang sangat erat dalam membangun dan meruntuhkan reputasi seseorang di sekolah. Bagaimana sebuah gosip ataupun foto yang tersebar secara viral akan mampu memukul seseorang begitu keras, dan membuatnya depresi.

Apa yang dialami Hannah adalah dirinya terisolasi dari kehidupan sosial setelah sahabat karibnya pindah ke luar kota, ia kehilangan tempat dimana ia bisa bercerita secara bebas apa yang ia alami dan rasakan.

03.
Alex Standall (Miles Heizer), Jessica Davis (Alisha Boe), Justin Foley (Brandon Flynn) dan Zach Dempsey (Ross Butler). Mereka berempat merupakan orang-orang yang disinggung Hannah di rekamannya

Mendapatkan teman baru di masa sekolah bukanlah perkara mudah, Hannah mencobanya, dan ia berkawan dengan dua siswa baru di Liberty High School bernama Jessica David (Alisha Boe) dan Alex Standall (Miles Heizer), tetapi kelompok mereka tidak bertahan lama karena Jessica dan Alex berpacaran, ketika mereka putus, Jessica menyalahkan Hannah sebagai penyebabnya.

Pengkhianatan serta olok-olok menjadi pengalaman yang terus-terus dialami oleh Hannah, namanya pernah masuk ke dalam kategori ‘Siswa dengan Bokong Terindah’, status ini membuat Hannah tertekan karena ia menjadi sasaran catcalling oleh para siswanya, bahkan karenanya ia sempat mengalami pelecehan seksual dari siswa-siswa populer di sekolahnya.

Ketika ia mencoba untuk mendapatkan teman baru, ia merasa selalu gagal, pertemannya dengan Courtney Crimsen (Michele Selene Ang) berantakan karena foto mereka sedang bercumbu yang diambil oleh Tyler Down (Devin Druid) tersebar luas, karena takut reputasinya jatuh Courtnery memutuskan hubungan dengan Hannah.

Clay, seseorang yang Hannah sukapun tidak mampu mencegahnya untuk bunuh diri. Clay dan Hannah merupakan rekan kerja paruh waktu, mereka lebih banyak beinteraksi di tempat kerja dibandingkan di sekolah.

Clay pribadi yang pemalu sehingga, Clay tidak berani untuk menyatakan perasaannya pada Hannah, jikalau Clay lebih berani Hannah tidak akan sendiri melalui hari-hari beratnya sendirian, setidaknya Hannah memilii seseorang dimana ia bisa bergantung dan bercerita mengenai semua masalahnya.

—-

04.
Bryce Walker (Justin Prentice), seorang siswa populer yang menjadi penyebab Hannah bunuh diri

Film ini memberikan gambaran yang jelas dan nyata mengenai beragam tindakan bullying yang menimpa para siswa termasuk gambaran eksplisit mengenai tindakan pelecahan seksual selain itu, film juga memberikan gambaran bahwa bersikap tertutup secara perlahan-lahan akan membunuh seseorang secara perlahan.

13 Reason Why akan memberikan gambaran kerasnya kehidupan remaja di sekolah, sebagai seorang orang tua film ini akan memberikan masukan berharga bagaimana menghadapi remaja dan pergaulannya.

Selamat Menonton!

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s