September of Shiraz (2016)

Rakyat kecil akan selalu menjadi korban perebutan kekuasaan.

Revolusi Iran pada tahun 1979 memberikan dampak mengejutkan kepada dunia, runtuhnya kekuasaan Shah Iran, Mohammad Reza Pahlavi yang didukung Amerika Serikat membuat banyak aspek kehidupan di Iran berubah drastis, revolusi itu juga menjadi titik balik bagi Iran serta hubungannya dengan dunia barat dan timur tengah.

Banyak film yang menjadikan Revolusi Iran sebagai latar ceritanya, salah satu yang terkenal dan memenangi penghargaan tertinggi adalah Argo (2012) karya Ben Affleck, sebuah film yang mengisahkan upaya ekstraksi warga negara Amerika Serikat dari Iran.

September of Shiraz (2016) juga mengambil latar belakang yang sama, film yang diangkat dari adaptasi novel berjudul ‘The September of Shiraz’ karya Dalia Sofer pada tahun 2007 menceritakan mengenai upaya keluarga yahudi untuk keluar dari Iran pasca revolusi.

Ketakutan Issac (Adrien Brody) atas dampak langsung Revolusi Iran akhirnya terbukti, ia ditangkap dan diinterograsi oleh Komandan lokal Garda Nasional Iran Mohsen (Alon Aboutboul), mengetahui suaminya ditangkap, Farnez (Salma Hayek) dengan bantuan asisten rumah tangganya selama 20 tahun, Habibeh (Shohreh Aghdashloo) berusaha mencari tahu keberadaannya, tetapi hasilnya nihil.

02
Issac ditahan oleh Mohsen.

Usaha Issac di bidang jual beli permata dan perhiasaan akhirnya dijarah oleh para pendukung revolusi Iran, rumah Issac juga dijarah, hampir semua harta benda yang dimiliki Issac dibawa oleh para pendukung revolusi tersebut.

Issac ditanyai mengenai keberadaan adiknya yang dituduh menyelundupkan vodka ke Iran serta mengenai tulisan istrinya yang dianggap menyebarkan propaganda negatif kepada masyarakat. Issac tidak mengetahui sama sekali keberdaaan adiknya, iapun terus disiksa agar mau membuka mulut.

Mampukah Issac bertahan dalam penyiksaan? Apakah Farnez dapat menemukan informasi mengenai keberadaan Issac dan mampu menolongnya?

01
Keluarga Issac berusaha mencari perlindungan akibat revolusi.

Percakapan dalam interograsi antara Issac dan Mohsen mengungkap banyak fakta mengenai jurang kesejaterahan antara segelintir orang kaya di Iran dengan rakyat kebanyakan, jurang inilah yang memicu tuntutat revolusi. Raykat cemburu dan sudah tidak percaya dengan pemerintahan yang ada serta orang-orang yang mereka nilai menikmati keuntungan besar atas kepemimpinan Shah.

Skenario tersebut mengingatkan penulis atas peristiwa Reformasi Tahun 1998 di Indonesia.

Runtuhnya sebuah kekuasaan pastinya diikuti dengan upaya untuk kalih sumber daya dari pihak yang kalah ke pihak yang menang, hal tersebut digambarkan dalam film dengan perampasan harta dan usaha milik Issac, jika mengambil contoh di Indonesia bagaimana penjarahan merajarela di Ibu kota, simbol-simbol yang berhubungan dengan ‘kebarat-baratan’ dihancurkan.

03
Issac disiksa selaa dalam penahanan.

Pertanyaan adalah benarkah semua tuduhan tersebut? Beberapa orang berhasil mengambil berjuang dengan usaha sendiri untu mencapai kesejaterahan yang mereka dambakan, tetapi pada akhirnya ketika gejolak revolusi terjadi mereka tetap menjadi korban karena dihubungkan dengan pemilik kekuasaan terdahulu.

Rakyat kecil selalu menjadi korban dari perebutan kekuasaan. Keinginan balas dendam juga membuat orang yang tadinya merasa tertindas ingin menjadi penindas terhadap pihak yang kalah. Perebutan kekuasaan selalu mendatangkan korban, sering kali korban adalah pihak-pihak yang tidak ada sangkut pautnya sama sekali.

Di film ini Issac sebenarnya adalah pribadi yang baik, hampir seluruh pegawainya merupakan orang-orang jalanan yang ia asuh dan didik sehingga memiliki cukup kemampuan untuk bekerja denganya atau dengan orang lain. Issac seseorang yang berusaha mengangkat derajat orang lain, sehingga mampu mendapatkan kehidupan yang layak.

Jika kalian suka film drama, ini akan menjadi tontonan menarik.
Selamat Menonton!!!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s