Zero Days (2016)

Dunia digital merupakan dunia tanpa hukum. Cara satu-satunya untuk selamat adalah menjadi kuat
Penulis

Kemajuan dunia teknologi informasi sangatlah pesat, kemajuan itu memberikan banyak kemudahan bagi kehidupan manusia, salah satu contoh nyatanya adalah bagaimana sekarang kita dengan mudah melakukan transaksi keuangan tanpa perlu datang ke cabang bank terdekat.

Suka tidak suka, kondisi ini membuat manusia menjadi sangat tergantung dengan teknologi, hampir semua aspek kehidupan  manusia dibantu oleh teknologi informasi, walaupun hal ini menjadi sebuah keuntungan tetapi sebenarnya menjadi sebuah titik lemah bagi kehidupan manusia.

Kau bisa menimbulkan kerusakan masif dan korban jiwa jika kau tahu caranya!

00

Tahun 2010 menjadi tahun yang mengejutkan untuk dunia keamanan digital, sebuah virus canggih teridentifikasi oleh Sergey Ulasen, Virus ini berjenis worm ini akhirnya diberi nama Stuxnet. Virus ini menyebar melalui Microsoft Windows dan menargetkan sistem kontrol industri milik Siemens.

Dari analisa beberapa perusahaan keamanan digital seperti Kaspersky Lab dan Symantec menyatakan bahwa virus komputer ini sangat khusus karena virus ini diciptakan untuk menyerang target yang sangat spesifik, selain itu pakar keamanan juga tidak menemukan bug disetiap kode yang ditulis. Mereka berpendapat bahwa virus ini pasti diciptakan oleh sekelompok orang yang disponsori oleh sebuah negara atau bahkan mungkin negara tertentu yang membuatnya.

Target dari virus ini akhirnya terkonfirmasi yaitu fasilitas nuklir yang dimiliki oleh Iran, tepatnya fasilitas pengayaan uranium milik Iran, virus ini berhasil menghancurkan perangkat pengayaan uranium milik Iran, walaupun pada akhirnya Iran bisa memperbaikinya kembali.

Stuxnet menjadi sebuah hal yang penting, hasil penyelidikan independen mengeluarkan kesimpulan bahwa virus ini merupakan proyek kerja sama antara Amerika Serikat dan Israel. Kedua negara ini memiliki motif yang kuat untuk menyerang Iran, serta mencegah Iran memiliki kemampuan persenjataan nuklir.

Virus ini menjadi sebuah pion penting mengenai bagaimana dimensi baru perang tercipta. Kemajuan teknologi informasi telah membuat ‘Medan Perang’ baru diluar angkatan darat, laut dan udara, yaitu dunia digital/siber. Penciptaan Stuxnet merupakan sebuah peralihan paradigma ‘bertahan’ Amerika Serikat dalam dunia siber menjadi strategi menyerang.

‘Medan Perang’ ini merupakan medan baru yang belum memiliki hukum perang, hanya yang terkuat dan yang paling beranilah yang bisa bertahan dan dihormati. Dunia dimana tidak hanya pemerintah yang bisa bermain, tetapi pihak-pihak diluar pemerintah, semua pihak bisa ambil bagian, semua pihak bisa memiliki pasukan untuk bertahan dan menyerang.

Bagaimana di Indonesia? Apakah Negeri kita ini siap ketika ancaman perang itu datang?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s