A War (2016)

Mengandung Spoiler Cerita

 Perang selalu mendatangkan korban, baik dari pihak yang menang maupun yang kalah. Seperti peribahasa dalam Bahasa Indonesia, ‘Menang jadi Arang, Kalah jadi Abu’, tidak ada kemenangan absolute dalam perang karena kedua belah pihak sama-sama merugi.

Tidak ada yang mudah ketika perang terjadi, keputusan Amerika Serikat untuk menyerang Irak dan Afghanistan membuat rekor buruk baru buat Amerika, jumlah korban tentara Amerika yang jatuh telah melebihi korban tentara Amerika ketika perang Vietnam. Amerika Serikat yang dibantu koalisi sekutu menyerbu Afghanistan dan Irak untuk melindungi negara-negara mereka dari kemungkinan serangan terror, setelah peristiwa 9/11. Salah satu negara yang turut berpartisipasi adalah Denmark.

Film peraih nominasi Academy awards ke-88 sebagai “Best Foreign Language film” bercerita mengenai satu kompi pasukan asal Denmark yang dipimpin oleh Claus M. Pedersen (Pilou Asbæk), pasukan ini ditempakan di Provinsi Helmand. Tugas utama mereka adalah berpatorli di wilayah pedesaan.

00. Poster

Malang tidak dapat ditolak, salah satu anggota pasukan tewas ketika berpatorli, pasukan yang dipimpin oleh Pedersen sangat terpukul atas peristiwa itu. Demi menaikan kembali moral pasukannya, Pedersen memutuskan untuk ikut melakukan patroli.

Satu waktu, mereka terjebak dalam serangan dari kelompok militan di sebuah perkampungan. Salah satu anggota Pedersen tertembak dan dalam keadaan kritis, untuk menyelamatkan pasukannya, Pedersen meminta bantuan serangan udara dengan melewatkan salah satu prosedur penting, walaupun pada akhirnya mereka bisa selamat, Pedersen dituntut melanggar hukum perang, karena permintaan serangan udaranya membunuh 11 warga sipil.

Mampukah Pedersen lolos dari tuntutat tersebut, adakah saksi-saksi kunci yang akan menolongnya lolos dari tuduhan tersebut? Apalagi semua percakapan yang tranmisi radio saat serangan terjadi terekam dengan jelas?

Perang selalu mendatangkan pertentangan batin. Ketika kau akhirnya ‘terpaksa’ mengorbankan nyawa orang-orang yang tidak kau kenal untuk menyelamatkan nyawa seseorang yang kau kenal, apakah hal itu bisa diterima?

 

Keputusan-keputusan yang diambil dalam keadaan genting, seperti yang diambil oleh Pedersen sudah sepatutnya tidak bisa dilihat secara hitam-putih. Ketidakpatuhan Pedersen terhadap SOP permintaan bantuan serangan udara bukan dilakukan dengan niatan untuk membunuh warga sipil, tetapi sebuah keputusan yang harus diambil seorang komandan untuk menyelamatkan anak buahnya.

01.

 

Diceritakan bahwa terdapat korban anak-anak hasil serangan udara tersebut, Pedersen sempat berpikir bahwa ada baiknya untuk dia bertanggung jawab atas tindakannya, tetapi istrinya menolak, dan mengingatkan bahwa Pedersen memiliki tiga anak yang harus ia asuh, bagaimana mungkin Pedersen akan mengasuh anaknya jika ia ada dipenjara?

 

Sebuah argument yang tentunya akan membuat siapapun akan berpikir keras. Keluarga? Atau Tugas negara yang kau utamakan?

 

Terlepas dari tindakan Pedersen, peranglah yang seharusnya dihindari, perang tidak membawa keuntungan apapun bagi yang menang dan kalah, karena yang menang adalah egoism dan nafsu manusia, perang sering kali menjatuhkan korban yang sama sekali tidak berhubungan dengan pihak-pihak yang bertikai.

 

Make a love, not a war!!
Selamat Menonton!!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s