A Perfect Day (2015)

Perang selalu mendatangkan sebuah kisah, baik kisah kepahlawanan, kisah kemanusiaan, kisah pengkhianatan atau kisah kemenangan dan kekalahan. Dunia telah mengalami dua kali perang dalam skala massif, yaitu Perang Dunia Pertama (1914 – 1918) dan Perang Dunia Kedua (1939 – 1945). Kali ini kisah mengenai perang datang dari Dataran Balkan, tepatnya dari daerah Yugoslavia, pada akhir masa perang Yugoslavia.

Veteran Pekerjaan bantuan kemanusiaan, Mambrú (Benicio del Toro), B (Tim Robbins) dan pendatangbaru Sophie (Mélanie Thierry), yang ditemani oleh penerjemah mereka Damir (Fedja Štukan) berusaha untuk mengeluarkan mayat yang dilempar ke sebuah sumur. Percobaan pertama mereka gagal karena tali yang mereka gunakan putus.

A_Perfect_Day01_c_X_Verleih_AG
Sohpie, Damir, Katya, B, dan Mambru

 

Mambrú dan B memutuskan untuk berpencar untuk mencari tali lain, usaha ini tidaklah semudah yang dibayangkan karena daerah tersebut masih dalam status perang, perjanjian damai masih dibahas, sehingga daerah tersebut menjadi sangat berbahaya bagi misi kemanusiaan.

Perjalanan mengantar Mambrú bertemu dengan Nikola, seorang anak kecil yang sedang di bully oleh rekan-rekannya, Mambrú menolongnnya dan berjanji akan memberikan Nikola sebuah bola sekembalinya dari pusat komando.

Briefing keamanan menjelang penandatangan perjanjian damai tidak sesederhana yang dibayangkan Mambrú, disana ia bertemu dengan mantan selingkuhannya Katya (Olga Kurylenko), kedatangan Katya membuat suasana menjadi berubah, apalagi dalam percakapan pertama ia menyinggung mengenai larangan membawa warga sipil dalam kendaraan bantuan kemanusiaan.

Kenaifan Sophie membuatnya berbohong mengenai keadaan mayat yang berada di sumur kepada komandan misi setelah permintaannya untuk melibatkan tentara dalam evakuasi mayat ditolak karena bukan merupakan prioritas dari tentara, ia berkata bahwa mayat tersebut dipasangi bahan peledak (ranjau), sehingga membutuhkan bantuan professional untuk menangganinya.

Tanggapan komandan misi tidak memuaskan Sophie dan tim, pada akhirnya Mambrú memutuskan untuk mencari tali pengganti, bukan tugas mudah menemukan tali di daerah konflik, beruntung ada Nikola yang mengarahkan Mambrú dan tim ke rumah yang pernah menjadi tempat tinggalnya dulu.

Apakah Mambrú dan tim mampu menemukan tali yang dibutuhkan? Apakah mayat yang berada di sumur dapat diangkat?

Perang merupakan mimpi buruk untuk semua orang, Perang Yugoslavia berlangsung selama 10 tahun mulai dari 1991 – 2001. Hasil akhirnya adalah pecahnya Yugoslavia dan berdirinya beberapa negara baru, korban dari perang ini diestimasi mencapai 140.000 orang.

Di Film ini tampak jelas bagaimana ‘kekakuan’ prosedur yang dilaksanakan oleh pasukan penjaga keamanan PBB. Ketika melihat situasi di lapangan, pasukan penjaga kemanusiaan lebih mengedepankan unsur ‘kepatuhan komando’ dibandingkan dengan ‘pertimbangan kemanusiaan’. Kebijakan ini mungkin diambil sebagai langkah preventif timbulnya korban jiwa dari pasukan penjaga perdamaiaan.

a perfect day-2
Nikola dan Mambru

Rakyat sipil selalu menjadi korban dari peperangan, mayat yang dilempar ke sumur membuat warga tidak mendapatkan akses air bersih, penangkapan paksa kepada warga yang dituduh sebagai mata-mata salah satu pihak yang bertikai, pengungsi-pengungsi putus asa yang pada akhirnya bunuh diri atau melarikan diri dari negerinya.

Pasukan bantuan kemanusiaan juga menghadapi tekanan yang besar, mungkin karena itu karakter para anggota bantuan kemanusiaan terkesan aneh, bagaimana tidak, mereka tidak dilindungi oleh pasukan bersenjata, selain itu mereka juta tidak diperkenankan membawa senjata. Tekanan juga bertambah dengan keberadaan mereka di tanah asing yang bahasanya belum tentu mereka pahami, serta bagaimana kondisi warga sipil yang menderita akibat perang.

A Perfect Day for you? I don’t think so..

Selamat Menonton

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s