Synchronicity (2015)

Penjelajahan waktu memang selalu menjadi topik favorit untuk film science-fiction. Kali ini kisah seorang ilmuwan yang bernama Jim Beale (Chad McKnight) yang berhasil menemukan mesin waktu, ia bekerja sama dengan Chuck (AJ Bowen) dan Matty (Scott Poythress).

Jim berusaha untuk meyakinkan Klaus Meisner (Michael Ironside), bahwa apa yang ia kerjakan itu berhasil. Ditengah uji coba di hadapan Meisner, Jim pingsan, dan ketika terbangun ia hanya ditemani Chuck dan Matty.

02. Jim dan kawannya
Chuck dan Jim

Chuck juga menemukan adanya sekumtum bunga yang muncul tiba-tiba di dekat mesin, mereka bertiga kemudian melihat rekaman uji coba untuk mencari tahu dari mana bunga tersebut datang.

Jim melihat sosok manusia keluar dari mesin ciptaannya.  Ia kemudian keluar dari gedung dan berusaha mengejar sosok  tersebut,  di luar ia ternyata bertemu dengan Abby (Brianne Davis). Ia bertanya kepada Abby, apakah ia orang yang keluar dari mesin tersebut, tetapi ia berbicara kepada Jim seolah-olah sudah bertemu dengannya.

Jim melihat mobil Meisner berhenti di depan gedungnya, ia mendekat dan berbicara dengannya, di akhir percakapan itu Meisner mengajak Jim untuk makan malam bersama dengan Abby. Jim berusaha untuk menyakinkan Meisner untuk memberinya pendanaan untuk penelitiannya.

—-

Apa yang akan kau lakukan ketika kau bisa meloncati waktu? jika kau kembali ke masa lalu, apakah kau akan mengubah sesuatu? Jika kau bisa ke melaju ke masa depan, apakah kau akan membocorkan rahasia masa depan ke masa sekarang? Benarkan dunia ini memiliki dunia paraler? atau hanya ada satu masa waktu yang ada?

Kalau kalian menyaksikan Interstellar, kalian pasti paham bahwa waktu yang relatif bisa bergerak lebih cepat, tetapi tidak bisa mundur. Hal ini berarti bahwa penemuan mesin waktu tidak akan memfasiliasi manusia untuk berjalan ke masa lalu (secara ilmiah).

Film adalah film, ia sekedar memfasilitasi khayalan manusia mengenai keajaiban waktu. Di Film ini perjalanan waktu yang terjadi adalah menuju masa lalu. Sosok yang dilihat Jim direkaman video itu sebenarnya adalah dirinya sendiri.

01. Abby
Abby

Genre drama tak lepas dari namanya kisah cinta, dan jatuh cinta sering kali menjadi sebuah pertimbangan tidak logis untuk melakukan sesuatu. Itulah yang terjadi disini, Jim tertarik dengan keberadaan sosok Abby, ia merasa wanita itu cerdas dan menarik. Tetapi ada daya, ternyata Abby merupakan simpanan dari Meisner. Ia tak bisa berbuat banyak untuk mengubah kenyataan tersebut. Tanpa berpikir panjang, iapun loncat menuju mesin waktu tersebut.

Apa yang hendak dicari Jim dari masa lalunya? Apakah hal ini berkaitan dengan penelitiannya atau malah berkaitan dengan cintanya?

Selamat Menonton

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s