Catatan Si Pengguna Commuter Line (1) – Kalau Bisa Murah kenapa Tidak?

Masyarakat Jabodetabek beruntung, karena dilayani oleh rute kereta komuter, sebuah bentuk transportasi masal yang berharga paling murah, sebagai acuan hanya dibutuhkan harga Rp2.000 untuk perjalanan dari stasiun Bekasi menuju stasiun Sudirman.

Commuter Line menjadi salah satu mode transportasi yang pertama kali menggunakan tiket elektronik. Tiket berbentuk kartu yang akan di ‘tap-in’ dan ‘tap-out’ di gerbang masuk dan keluar di setiap stasiun. Tiket ini merupakan pengganti tiket manual sebagai upaya untuk meningkatkan efisiensi transaksi Commuter Line.

Sebuah terobosan, tetapi tetap saja…

Para penumpang sepertinya enggan untuk menginvestasikan sedikit uangnnya untuk membeli kartu multi-trip, atau menggunakan  uang elektronik yang dikeluarkan beberapa bank sebagai tiket. Dihari kerja maupun hari libur kerap kita melihat antrian panjang calon penumpang untuk membeli tiket di setiap stasiun besar.

Saya tidak mengerti mengapa mereka betah untuk berlama-lama mengantri demi menghindari pembelian kartu senilai Rp25.000,- kartu? Baik itu kartu multitrip keluaran PT KAI maupun uang elektronik keluaran bank.

Mengapa?

Mungkin karena kebanyakan orang berpikir bahwa kartu terlalu mahal. Jika satu kartu multi-trip berharga Rp25.000,-, keluarga mereka berjumlah empat orang,berarti butuh Rp100.000,- untuk membeli kartu, padahal tidak semua anggota keluarga rutin menggunakan sarana Commuter Line sebagai sarana transportasi rutin. Uang sebesar itu rasanya sayang dikeluarkan, lebih baik disimpan untuk jajan anak-anak saat berwisata dengan kereta api.

Sedangkan alasan mengapa tidak mau menggunakan uang elektronik yang dikeluarkan oleh perbankan? Dugaan penulis adalah gejala ini bisa menjadi sebuah dasar penilaian bahwa masih banyak masyarakat di Indoensia yang tidak memiliki rekening di bank. Selain itu, masyarakat Indonesia masih belum terbiasa untuk melakukan transaksi non-tunai dalam keadaan sehari-hari.

Sebagai pengguna Commuter Line setiap harinya, saya merasa prihatin. Karena orang-orang tersebut harus antri berjam-jam untuk sekedar membeli tiket. Amat sangat tidak efisien ketika mereka menghabiskan waktu hanya untuk antri beli tiket.

03. Tiket Kereta
Tiket Multi-trip keluaran CL

Maksud dan tujuan penggunaan tiket elektronik untuk efisiensi dan efektivitas perjalananpun menjadi hilang makna, karena keengganan masyarakat untuk sekedar berinvestiasi kartu multi-tirp atau uang elektronik.

Solusinya?

Pihak pemerintah seharusnya memberikan subsidi terhadap penerbitan uang elektronik sebagai upaya untuk memsosialisasikan transaksi non-tunai, jika kaum-kaum tua sudah sulit diubah, tidak ada salahnya kampanye ini diarahkan kepada masyarakat dengan usia lebih muda, sehingga mereka terbiasa dengan budaya transaksi non-tunai.

Kalau bisa murah kenapa tidak? Setidaknya cuma menghabiskan beberapa waktu untuk mengantri beli tiket?

tulisan ini terinspirasi dari panjangannya antrian pembelian tiket di Stasiun Bekasi

Advertisements

2 thoughts on “Catatan Si Pengguna Commuter Line (1) – Kalau Bisa Murah kenapa Tidak?

  1. pemerintah harus berinovasi dalam mengedukasi para pengguna KRL, dipermudah lagi cara mendapaatkannya.. bisa dengan subsidi biaya kartu, atau bundling harga.. misal beli 2 dapat 3.. hahaha 😀
    penggunaan tiket (kartu) multitrip cocok untuk mereka yang hampir setiap hari menggunakan transportasi KRL, atau para pelaku PJKA (Pulang Jumat Kembali Ahad) yang rutin mudik tiap minggu 😀 karena sangat terasa tingkat efisiensi-nya 🙂

    Like

    • Benar sih, harusnya dana PSO sedikit bisa digunakan untuk membagikan kartu gratis atau bisa saja dimasukan ke dalam program CSR Perusahaan.

      Jika kita lihat lebih menyeluruh lagi, orang Indonesia belum terbiasa untuk bertransaksi non-tunai, mungkin hal ini menjadi salah satu motif keengganan memiliki tiket multitrip ataupun uang elektronik.

      Salam
      Gilang

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s