10 Cloverfield Lane (2016)

Michelle (Mary Elizabeth Winstead) terlibat kecelakaan mobil ketika ia hendak pulang kembali ke rumah orang tuanya setelah dirinya setelah hubungan dengan tunangannya berakhir. Ketika ia membuka mata ternyata ia berada di sebuah bunkter yang terisolasi.

poster

Howard Stambler (John Goodman) merupakan pemilik bunker sekaligus penolong Michelle, ia berusaha meyakinkan Michelle bahwa dirinya sekarang aman, tetapi Michelle tidak percaya, bagaimana seseorang bisa dikatakan aman ketika ia berada di kamar berpintu besi di bunker yang terisolasi.

Michelle juga bertemu dengan penghuni lain bunker tersebut bernama Emmett DeWitt (John Gallagher), seorang pemuda yang juga turut membangun bunker tersebut.Pada mulanya Michelle berusaha mengajak Emmett untuk keluar dari bunker tersebut, tetapi Emmett menolak dan berkata bahwa apa yang dikatakan Howard itu sebuah kenyataan, bukan bualan seorang yang setengah gila yang percaya teori konspirasi.

Howard menunjukan sikap sopan dan baik kepadanya, selain itu Michelle mempercayai apa yang dikatakan oleh Emmet. Merekapun berusaha untuk menjalani hidup normal di bunker tersebut.

Suatu peristiwa membuat Michelle tiba-tiba meragukan kejujuran Horward, iapun menceritakan hal itu kepada Emmett. Apakah kecurigaan Michelle itu benar? Ataukah hanya kekhawatiran berlebihan yang muncul karena kehidupan yang terisolasi?

—-
“Monster come in Many Form”

Sebuah kalimat pendek yang disematkan dalam poster film ini, yang menjadi sebuah ‘kode’ kemana cerita dari film ini akan bergerak.

Kita berpikir bahwa monster itu pastilah sosok asing yang sangat jauh berbeda dengan manusia, sosok asing tidaklah ramah dengan manusia dan memiliki kecenderungan untuk menyakiti manusia. Moster selalu digambarkan dengan sosok yang menyeramkan dan menakutkan, sosok yang tak segan-segan untuk memusnahkan manusia.

maxresdefault
Emmet dan Michelle

Tetapi, pernahkah kalian berpikir bahwa manusia juga sebenarnya adalah sosok monster di dunia ini. Jika kita berpikir lebih mendalam, pernyataan itu ada benarnya juga, manusia memang menjadi sosok menyeramkan untuk alam liar.

Kebutuhan manusia yang tak ada bantasnya membuat manusia terkadang tidak berpikir ketika memanfaatkan sumber daya alam, Manusia merusak alam untuk sekedar memenuhi kebutuhan tersebut, bukankah hal itu membuat manusia menjadi monster untuk alam liar?

Manusiapun juga menjadi monster bagi manusia lainnya, kekerasan, pembunuhan, perang merupakan sosok monster yang diperlihatkan manusia. Manusia rela merampas hak hidup manusia lain untuk memenuhi ambisinya. Apakah itu bukan berarti kita juga monster, hanya saja kita tidak mau mengakuinya.

Pertanyaan sekarang adalah apakah manusia mau jujur soal hal itu? ataukah mereka akan berargumen bahwa hal tersebut merupakan sebuah kewajaran karena hal itulah yang dilakukan manusia untuk bertahan hidup, “dimakan atau memakan”, keadaan dimana hukum rimba bermain dan mengambil tempat.

Film ini memiliki ‘pace’ yang lambat, butuh kesabaran untuk menikmati film ini.
Selamat Menonton!!

Advertisements

One thought on “10 Cloverfield Lane (2016)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s