Jeruzalem (2015)

Warning : Contains spoiler

Siapa yang tidak mengenal Jerusalem? Kota yang terletak di timur tengah ini menjadi kota suci untuk tiga agama besar di Dunia, Islam, Kristen dan Yahudi. Jeruzalem (2015) adalah film yang berlatar Kota Jerusalem, cerita ini diawali dengan perginya dua orang sahabat bernama Rachel (Yael Grobglas) dan Sarah (Danielle Jadelyn) untuk berlibur ke Israel. Mereka berencana pergi ke kota-kota di Israel seperti Yerusalem dan Tel Aviv, kepergian ini merupakan usaha Sarah untuk move-on dari meninggalnya adik lelakinya.

mv5bmtc2mju2ody3m15bml5banbnxkftztgwmtg5otc3nte-_v1_uy1200_cr14506301200_al_

Di pesawat, kemudian mereka bertemu dengan seorang mahasiswa bernama Kevin (Yon Tumarkin), seorang mahasiswa antropologi yang memiliki minat mendalam mengenai kepercayaaan masyarakat terhadap kehidupan setelah kematian, ia berkunjung ke Israel untuk menyelidiki kepercayaan setempat mengenai hal tersebut.

Pertemuan dengan Kevin membuat rencana Rachel dan Sarah berubah, mereka memutuskan untuk mengunjungi Jerusalem terlebih dahulu sebelum menuju Tel Aviv. Beruntung mereka mendapatkan sebuah hostel di dalam Kota Lama, walaupun mereka harus menelusuri gang-gang kecil yang membingungkan, selain itu  pemilik hostel tersebut, Omar (Tom Graziani) berbaik hati untuk menjadi pemandu wisata.

Mereka berempat menjelajahi beragam tempat hiburan dan bersejarah di Jerusalem, mereke mengunjungi wisata malam serta sempat berkunjung ke beberapa situs bersejarah seperti Tembok Ratapan dan Gua Zedekiah atau juga disebut Tambang Solomon, selepas kunjungan itu, Kevin terlihat aneh seperti orang yang terkena serangan panik, akhirnya ia dibawa pergi oleh Omar dari penginapan.

Tiba-tiba suatu malam, sirene berbunyi nyaring, terdengar suara ledakan disana-sini, selain itu pasukan Israel turun ke jalanan, merekapun memutuskan untuk menutup seluruh gerbang masuk/keluar kawasan Kota Lama. Rachel, Sarah, Oman serta seluruh penghuni berusaha kemudian meninggalkan penginapan berusaha segera menuju gerbang sebelum penutupan itu terjadi.

Ternyata mereka terlambat, merekapun berusaha mencari jalan keluar alternatif, beruntung orang tua Omar ingat bahwa terdapat jalan tembus keluar dari Kota Lama yang terletak di Tambang Solomon. Merekapun memutuskan untuk segera bergerak kesana, dan berupaya untuk keluar dari Kota Lama.

Berhasil selamatkan mereka? Apalagi ketika mereka mengetahui dan bertemu mahluk-mahluk yang berusaha dicegah keluar dari kawasan Kota Lama oleh Tentara Israel

Pada awalnya penulis tertarik untuk menyasikan film ini karena menjanjikan akan membawa penonton untuk menelusuri kisah mengenai munculnya mahluk mitologi di Jerusalem. Selain itu, film ini mengambil latar Jerusalem, sebuah tempat yang menjadi kota suci bagi tiga agama samawi, Islam, Kristen dan Yahudi.

Film ini mendatangkan pengalaman yang sangat menyenangkan mengenai landscape Kota Jerusalem. Penonton akan mendapatkan gambaran mengenai beberapa tempat di Kota Lama seperti tembok ratapan, Tambang Solomon, serta lorong-lorong yang sempit di Kota Lama. Kehidupan di Jerusalem pun tergambar jelas disini, bagaimana anak muda disana juga menyukai hiburan malam, bagaimana juga terdapat para pengemis dan pencopet yang mencari peruntungan di tengah arus kedatangan para wisatawan.

Film ini dibuat dengan point-of-view Google Glass yang dipakai oleh Sarah. Kita akan melihat secara langsung apa yang dirasakan Sarah diseluruh film ini.

mv5bmtqzntcwmtmzn15bml5banbnxkftztgwmjg5otc3nte-_v1_sx640_sy720_
Rachel (Yael Grobglas) dan Sarah (Danielle Jadelyn)

Film ini menjadi tontonan yang cukup menghibur karena cukup berhasil untuk menawarkan keindahan landscape kota penuh sengketa, Jerusalem walaupun terdapat banyak potongan-potongan kisah yang cukup tidak masuk diakal, seperti bagaimana tentara Israel begitu mudahnya dikalahkan oleh sosok mahluk misterius, serta bagaimana begitu patuhnya tentara Israel untuk membantunya Sarah menyelamatkan Kevin ketika ia dikurung di salah satu rumah sakit jiwa.

Jika kau memiliki rasa penasaran terhadap produksi-produksi film di luar arus utama, film ini patutu kalian tonton sebagai tambahan referensi kalian.

Selamat Menonton!!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s