Pensiun lantas…

Tulisan ini terinspirasi dari film The Intern yang dibintangi oleh Robert De Niro dan Anne Hathaway.

Pernahkah kalian memikirkan apa yang akan kalian lakukan kelak ketika usia pensiun datang? Apakah kalian sudah merencanakannya dari sekarang, atau kalian memutuskan untuk memikirkannya kelak ketika kalian sudah mendekati usia pensiun?

Mungkin top of mind kalian sekarang ini, mengenai apa yang akan kalian lakukan ketika pensiun adalah mengasuh cucu, atau mungkin mendekatkan diri kepada Tuhan, karena sebentar lagi kalian sudah tua, dan merasa sudah cukup dengan urusan dunia? Pilihan-pilihan tersebut tidaklah salah, tetapi ketika menonton film ini membuat saya berpikir mengenai kemungkinan-kemungkinan lain setelah pensiun.

Hal yang harus diperhatikan pertama adalah bagaimana seorang yang telah pensiun bisa tetap produktif setelah usia pensiun, apalagi orang-orang pensiun memiliki modal yang sangat besar, hasil dari uang pensiun yang selama ini telah dikumpulkan ketika bekerja.

Kebanyakan orang akan menyarankan untuk dirinya memulai sebuah usaha atau berbisnis, bijakkah itu? ketika akhirnya seseorang beristirahat dari dunia kerja yang telah dilalui selama puluhan tahun, mereka disarankan untuk segera memulai usaha yang tentunya akan menguras tenaga.

Dalam pemikiran penulis, kalaupun ingin memulai usaha carilah usaha-usaha yang tidak menuntu pensiunan baru untuk aktif bekerja, tetapi pasif. Nikmati saja Bung usia pensiunmu, jangan mau dilibatkan kembali dengan usaha-usaha yang melelahkan pemikiran dan jiwa.

Seseorang yang pensiun sejatinya penuh dengan pengalaman, jika ingin tetap produktif, carilah sesuatu yang menempatkan kalian menjadi seorang dewan penasehat, karena dibutuhkan adalah kecermatan mengambil keputusan berdasarkan pengalaman kerja.

Seandainya memang ada program Senior Internship di Indonesia pastinya akan sangat membantu seseorang yang pensiun untuk membagi pengalaman bertahun-tahun dalam hidup kepada para pemuda-pemudi yang baru saja menginjakan kaki di dunia kehidupan.

Bagi penulis, apa yang akan dilakukan ketika pensiun nanti, tentunya akan mencari kesempatan tetap produktif di bidang penulisan, apalagi dunia internet ini membutuhkan tenaga-tenaga terampil untuk mengisi konten penulisannya, rasanya bekerja di bidang penulisan setelah pensiun bukan hal yang rumit. Apalagi ketika nanti sudah tua akan begitu banyak waktu yang dipunyai untuk berkegiataan.

Akhir kata, menulis akan menjadi sebuah sumbangsih kecil bagi dunia. Tulislah, maka dunia akan mengenangmu karena karyamu.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s