The 5th Wave (2016)

Kehidupan manusia di bumi pada dasarnya sangatlah rapuh, Manusia sangat rentan terhadap beragam bencana alam, penyebaran penyakit, peperangan bahkan dengan serangan teror dari alien/mahluk asing.

first-looks-at-the-5th-wave-trailer-and-movie-poster-image-edited-by-me-602755

Itulah yang dialami oleh Keluarga Sullivan. Dimana kehidupan mereka tiba-tiba berubah 180 derajat ketika unidentified flying object (UFO) yang membawa alien melintas dan diam di atas kotanya. Semua orang ketakutan, banyak warga kota yang memutuskan untuk pergi dari kota tersebut, menghindari keberadaan UFO.

Pada awalnya UFO tersebut hanya diam saja, tetapi satu waktu, alien memulai penyerbuannya. Serangan gelombang pertama melumpuhkan seluruh peralatan elektronik dan listrik di seluruh dunia (light out) sehingga tidak ada lagi peralatan elektronik yang bisa digunakan, kemudian serangan kedua bertujuan untuk menghabisi banyak nyawa manusia, alien menjatuhkan semacam ‘bom’ ke laut untuk menciptakan stunami (Surf’s Up), bagi manusia yang selamat dari stunami, alien telah menyiapkan serangan ketiga yaitu wabah penyakit (Pestilence) dan bencana gempa.

Dari semua serangan tersebut hanya Oliver Sullivan (Ron Livingstona), Cassie Sullivan (Chloë Grace Moretz), dan Sam Sullivan (Zackary Arthur) yang selamat. Lisa Sullivan (Maggie Siff) Istri dari Oliver meninggal karena wabah penyakit. Setelah serangan terakhir, Oliver memutuskan untuk memindahkannya keluarganya ke pusat pengungsian terdekat.

Satu hari, sekelompok tentara datang ke pusat pengungsian. Kelompokini dipimpin oleh Kolonel Vosch (Liev Schreiber), Kolonel Vosch mendapatkan tugas untuk mengevakuasi seluruh anak-remaja ke pangkalan militer terdekat selain itu ia juga memberikan briefing kepada para orang tua mengenai status terakhir serangan alien,  Kolonel Vosch menyatakan bahwa seranganterbaru oleh alien sudah dilakukan, serangan tersebut berbentuk infiltrasi alien dalam wujud manusia.

Briefing tersebutpun berubah menjadi ajang baku tembak yang menyebabkan Olliver tewas, secara tidak sengaja Cassie menjadi saksi ajang baku tembak tersebut. Iapun memutuskan untuk menyelamatkan diri.

Upaya penyelamatan diri tersebut mempertemukan Cassie dengan Evan Walker (Alex Roe). Cassie memohon bantuan kepada Evan untuk membawanya menuju pangkalan militer dimana adiknya dievakuasi. Cassie meminta bantuan tanpa tahu bahwa Evan Walker menyimpan sebuah rahasia besar yang tidak terduga.

Sementara itu, adik Cassie, Sam di evakuasi ke pangkalan militer, dimana disana ia bertemu dengan Ben Parish a.k.a Zombie (Nick Robinson) yang merupakan gebetan Cassie, Ben hadir sebagai sosok yang melindungi Sam di pangkalan militer tersebut.

Apakah benar pangkalan militer tersebut dibuat untuk melindungi Bumi dari serangan Alien? atau

—-

The 5th Wave merupakan sebuah film yang diangkat dari Novel yang berjudul sama karangan Rick Yancey. Novel ini merupakan sebuah trilogi, jadi, kita berharap bahwa produksi filmnyapun akan mengikuti bukunya.

Pada awalnya penulis berharap bahwa film ini akan menyajikan sebuah film action-science fiction yang menegangkan, penuh dengan adegan penyerbuan ke markas alien, tapi ternyata dugan penulis salah.

Karena novel yang mendasari novel ini bergenre young -adult pastinya cerita tidak akan bisa lepas dari bumbum percintaan antara tokoh di dalamnya.

Itulah yang terjadi! akhirnya film ini menjadi film romance antara dua individu (Cassie dan Evan Walker) yang mengambil latar penyerbuan alien ke bumi. Kisah romance itu dibumbui dengan upaya Cassie untuk bertemu dengan Sam, dan pada akhirnya penonton akan disungguhi bagaimana Cassie bertemu kembali dengan gebetan masa lalunya saat ia sudah menjalin kasih dengan Evan Walker.

Terlepas dari cerita bergenre romance yang kurang memuaskan bagi penulis, penampilan  Chloë sangat menarik untuk disimak, bagaimana ia bertransformasi dari seorang remaja wanita SMA menjadi soerang survivor, dimana ia harus keluar masuk hutan dan berhadapan dengan beragam ancaman bahaya.

Penonton juga akan dikejutkan dengan kenyataan dibalik dari inflitrasi yang dilakukan alien untuk menyerang manusia. Benarkah ada inflitrasi tersebut? sudah sejauh apa penyusupan yang dilakukan oleh para alien?

Isu yang menarik dilihat disini adalah kenyataan bahwa anak-remaja merupakan sosok yang masih sangat mudah dikendalikan dan dimanipulasi. Anak-remaja sangat rentan untuk ‘dicuci otaknya’, diberikan sebuah ide-ide radikal. Mereka akan menerima ide tersebut dengan mudah karena mereka memiliki rasa percaya yang tinggi dengan ‘orang tua’ yang mengajarinya.

150319090407-10-child-soldiers-restricted-super-169

Hal itulah yang diincar oleh banyak pelaku teror internasional, kita melihat bagaimana ISIS memiliki kamp pelahan untuk anak-remaja, bagaimana anak-remaja tersebut ‘dibentuk’ dan ‘dibina’ untuk menjadi sebuah mesin perang yang sempurna, yang ‘moral’ telah dicuci dan digantikan dengan ‘moral’ baru, sebuah ‘moral’ yang dibentuk untuk melayani kepentingan organisasi teror.

Di tanah Afrika jamak kita mendengar tentang tentara anak, bagaimana anak-anak sudah direkrut dari muda untuk memegang senjata.

Penulis tidak bisa membanyangkan bagaimana dan sebesar apa upaya yang dilakukan seorang psikolog dan psikiater untuk merehabilitasi kembali anak-anak tersebut.

Semoga Dunia segera diberikan rasa Damai yang Abadi.

Terlepas dari itu,
Selamat Menonton

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s