Nafsu Makan di bulan Puasa

Celoteh Tak Berujung
Kumpulan Tulisan Iseng dari Si Penyair

Apa yang paling susah dilawan ketika bulan puasa? Menurut saya mengontrol nafsu makan saat sahur dan buka, tidak jarang kita mendengar kawan kita berkata bahwa berat badannya naik saat bulan puasa, mengherankan bukan? Kenaikan berat badan ini merupakan hasil dari salahnya pola makan saat sahur dan buka.

Santap sahur dan berbuka sebaiknya tidak disikapi dengan berlebihan, makan secukupnya merupakan strategi yang lebih bijak dibandingkan dengan makan berlebihan. Ingat, bahwa tubuh memiliki lemak sebagai cadangan energi saat kita tidak makan, selain itu seseorang juga tidak akan mati hanya karena tidak makan selama 12 jam.

“Berhentilah makan sebelum kenyang, dan makanlah setelah lapar
Kita mungkin sering mendengar kata-kata diatas, kata-kata ini merupakan anjuran untuk makan tidak secara berlebih.

Dahulu, saya pernah mencoba metode diet ‘OCD’, sebuah metode diet yang dipopulerkan oleh Dedy Corbuzer. Pada intinya, metode ini membatasi jam dimana seseorang boleh makan, saya mencoba metode OCD, dimana saya meimilih hanya punya waktu 4 jam sehari untuk makan, sisanya hanya minum air putih. (Saya hanya makan dari jam 12.00 – 16.00).

Apakah saya merasa lapar?
Percayakah saya tidak merasa lapar sama sekali ketika pagi hari, saya baru merasa lapar menjelang jam makan saya, berbeda ketika saya makan normal (sarapan, makan siang dan makan malam), saya segera merasa lapar ketika saya melewatkan sarapan saya.

Dari pengalaman saya, saya mengambil kesimpulan bahwa ternyata makan berlebihan justru menimbulkan rasa lapar yang lebih sering. Sepertinya tubuh mudah kecanduan ‘gula’ dari makanan yang dikonsumsi yang menyebabkan tubuh sepertinya menjadi ‘malas’ untuk mencari alternatif penambah ‘gula’ yang berada di dalam tubuh (menggunakan lemak tubuh). Tubuh mencari cara termudah dan tidak repot untuk mendapatkan ‘gula’ tersebut, yaitu sumber ‘gula’ dari luar (makanan), buat apa repot-repot untuk membuang cadangan energi dalam tubuh ketika ‘tubuh’ bisa mendapatkan ‘gula’ dari konsumsi makanan.

Jadi, kunci untuk menjaga berat badan tidak bulan puasa adalah mengatur konsumsi makanan disaat berbuka dan sahur. Jangan terburu-buru oleh nafsumu, bisa jadi, orang-orang yang berlebihan dalam sahur dan berbuka juga termasuk orang yang hanya mendapatkan lapar dan haus dalam berpuasa karena mereka tidak bisa menahan nafsu mereka.

Selamat berpuasa, semoga kebaikan selalu anda dapatkan di bulan mulia ini!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s