Bandara Soeta, Dekat atau Jauh?!

Celoteh Tak Berujung
Kumpulan Tulisan Iseng dari Si Penyair

Menuju bandara itu bukan perkara mudah di Jakarta, karena menuju bandara hanya memiliki satu cara yaitu melalui jalan tol, kondisinya juga tidak mudah ditebak, kadang macet kadang tidak, kalau sedang kosong mungkin kita bisa sampai di bandara dalam waktu satu jam, jika sedang macet tiga jampun mungkin.

Dahulu, bahkan ada kasus yang lebih parah lagi, yaitu banjir yang membuat akses ke bandara putus total. Coba bayangkan, satu-satunya jalan menuju bandara bisa terkena banjir yang memutus aksesnya, untungnya sekarang ini pihak pengelola tol sudah mengatisipasinya dengan membangun lajur baru yang lebih tinggi dibandingkan lajur lama.

Ada sih jalan lain menuju bandara, tetapi jalan itu memutar dan melewati daerah-daerah pinggiran kota, jika kau bukan warga yang tinggal di Tanggerang, besar sekali kemungkinan kau akan tersesat ketika mencoba jalan itu.

Bandara udara merupakan pintu gerbang internasional sebuah negara, sudah menjadi sebuah keharusan akses menuju dari/ke bandara tersedia dengan baik, tetapi kondisi itu belum terwujud di Indonesia ini. Pola pembangunan transportasi di Indonesia lebih menitikberatkan pembangunan jalan yang nantinya akan diisi oleh mobil pribadi (Bukan Kendaraan Umum!!!), pembangunan transportasi publikpun kurang direncanakan dengan baik, buktinya? Lihat saja total penjualan kendaraan roda empat dan roda dua di Jabodetabek, sangatlah tinggi bukan?

Pembangunan kereta bandara masih dalam tahap persiapaan, direncanakan proyek itu akan selesai di tahun 2018 atau 2019, oleh karena itu masyarakat Indonesia masih harus mengandalkan penggunaan mobil/bus/taksi untuk menjangkau bandara.

Bandara Soeta, mungkin kau terhitung dekat di atas kertas, tetapi kenyataan, ketika kami melakukan perjalanan kesana, kau terasa begitu jauh.

Advertisements

One thought on “Bandara Soeta, Dekat atau Jauh?!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s