“Saya lebih suka mengantri”

Celoteh Tak Berujung
Kumpulan Tulisan Iseng dari Si Penyair

Kita saya bertanya kepada anda, apa yang biasanya anda lihat ketika baru saja keluar atau hendak masuk ke stasiun kereta api di hari kerja? Kalau saya melakukan survei, pasti jawaban terbanyak adalah antrian penumpang di loket tiket harian berjaminan, wajarkah itu?

Pemandangan itu sebenarnya membuat saya terganggu, bukannya PT KAI telah menyediakan tiket langganan serta bekerja sama dengan bank-bank besar untuk mengintegrasi layanan electronic money pada pembayaran tiket kereta? Mengapa para penumpang lebih senang untuk bertransaksi secara tunai.

Apakah karena masyarakat enggan untuk sekedar mengeluarkan uang sebesar RP25.000 untuk tiket berlangganan atau uang elektronik? Padahal di era modern uang sbesar Rp25.000 bisa dibilang tidak ada artinya, uang itu senilai seporsi makan siang berserta minumnya di Jakarta.

Memegang tiket berlangganan atau uang eletronik tentunya akan menghemat waktu mereka, kita tidak perlu berlama-lama untuk mengantri untuk membeli tiket, juga kita tidak perlu khawatir harus uang jaminan akan kartu tiket harian hanggus karena kita lupa menukarkan tiket kita. Jika masyarakat memegang uang elektronik, mereka dengan mudah mengisinya di ATM atau mesin EDC yang tersedia di tempat-tempat tertentu, prosesnya cepat dan tidak menghabiskan banyak waktu

Mungkin PT KAI butuh sebuah survei untuk mengetahui mengapa masih banyak penumpangnya yang tidak menggunakan tiket berlangganan atau kartu uang elektronik atau memang masyarakat kita sedang berusaha melepas rindu soal budaya mengantri di depan loket, sebuah budaya yang sudah lama hilang dalam kehidupan masyarakat di Indonesia.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s